Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kesalahan Didikan Orang Tua Terhadap Anak



3 Kesalahan Didikan Orang Tua Terhadap Anak - CaraDidik Tidak hanya mengetahui tips mendidik anak yang benar,saja, sebagai orang tua, Anda juga harus tahu mana didikan yang salah loh. Meski orang tua juga manusia yang pernah salah, namun Anda juga perlu menyadari juga apakah didikan yang Anda berikan benar atau salah.

Jangan sampai, Anda lambat menyadarinya, sehingga si kecil sudah terlanjurnya memahami bahwa, didikan tersebut adalah hal yang baik dan hal tersebut bisa saja bisa merugikan si kecil nantinya. Nah, daripada terlambat mari ketahui tiga kesalahan cara mendidik anak, yang dilansir dari laman Liputan6.com.

1. Anda Terlalu Memanjakan Anak

Kesalahan yang pertama dalam mendidik anak adalah Anda sebagai orang tua terlalu memanjakan anak. Mengapa hal tersebut adalah sebuah didikan yang salah?

Karena, memanjakan anak akan membuatnya tumbuh menjadi seorang yang egois, dan tidak mandiri. Pasalnya, kebanyakan orang tua pasti akan menganggap bahwa anak hanya bisa menerima, dan orang tua harus memberi.

Konsep mendidik yang seperti ini, tanpa disadari bisa membuat anak menjadi manja dan egois. Berilah pengetahuan anak tentang tanggung jawab, bila perlu berikan pengetahuan bahwa anak tidak selalu menjadi objek yang hanya bisa menerima.

Karena anak juga bisa menjadi objek pemberi, misalnya membantu orang tua merapikan bekas mainan atau membersihkan rumah, hingga menjadi juara kelas. Hal tersebut tentunya akan memberikan orang tua kebahagiaan bukan?

2. Bedakan Keakraban Teman dan Orang Tua

Sering kali orang tua berpikir bahwa akrab dengan anak adalah sesuatu yang keren. Namun, sadarkah Anda bahwa hal tersebut akan membuat Anda sulit untuk menolak keinginan anak, dan membuat anak menjadi egois, karena peran orang tua disamakan dengan keakraban seorang teman.

Berilah pengetahuan, bahwa orang tua merupakan seorang guru yang patut untuk dihormati, didengarkan pembicaraannya, dipatuhi perintahnya dan masukannya. Jangan sampai, karena Anda terlalu akrab dengan anak, membuat anak menjadi seenaknya dan menyamakannya dengan seorang teman.

Menjadi akrab dengan anak memang tidak salah, namun berilah pengetahuan bahwa keakraban orang tua dengan seorang teman itu berbeda. Karena orang tua tetap memiliki kekuasaan dalam mengatur anak, sedangkan seorang teman tidak bisa mengatur.

3. Tak Memiliki Budaya dalam Keluarga

Sadarkah Anda bahwa hasil didikan anak juga bisa terlihat dari budaya, yang dibangun dalam keluarga? Jika keluarga tersebut mengajarkan sesuatu dengan bebas tanpa ada batasan, bisa jadi anak tersebut tumbuh menjadi anak yang kurang perhatian.

Mengapa? Karena ia tidak pernah dilarang dalam melakukan sesuatu, hingga tidak adanya pengawasan. Nah, di sini orang tua harus pandai mengajarkan anak tentang budaya keluarga, dan buatlah budaya keluarga yang baik, mana hal yang benar dan salah, dan sebagainya.

Nah, itu dia beberapa tips mendidik anak yang benar, serta mengetahui mana didikan yang salah. Tidak hanya memperhatikan didikan anak di rumah, Anda juga harus mempersiapkan didikan anak di luar rumah, yakni di sekolah.
Anym Creator AnymPedia

Posting Komentar untuk "3 Kesalahan Didikan Orang Tua Terhadap Anak"