Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengantisipasi Agar Handphone Tidak Mudah Panas

 

Sekarang ini hampir semua orang di dunia mempunyai perangkat gengam alias gadget. Sekalipun katanya HP kentang namun tetap saja masih berkaitan dengan dunia teknologi. Dari sekian banyak kasus ada satu permasalahan yang ingin diselesaikan yakni mengantisipasi agar handphone tidak mudah panas.

Panas pada smartphone bisa menjadi pertanda bahwa kinerjanya semakin berat dan jika dibiarkan begitu saja maka dampaknya bisa sampai ke baterai dan komponen lainnya. Bahkan bisa mencapai kerusakan parah dan permanen yang artinya kamu tidak bisa menggunakannya lagi. Maka dari itu dibawah ini ada penyelesaiannya.

5 Cara Mudah Mengantisipasi Agar Handphone Tidak Mudah Panas.

1. Nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai

Biasanya bagi kaum muda mengoleksi sejumlah aplikasi dengan kegunaan yang berbeda menjadi hobi yang sering dilakukan. Padahal ini menjadi faktor yang menyebabkan handphone cepat panas dan bisa juga memicu kemunculan viru dari aplikasi yang terpasang.

Untuk mengantisipasi agar handphone tidak mudah panas poinnya kamu haruslah merelakan aplikasi-aplikasi yang kurang digunakan. Artinya tiak selamanya kamu harus mencopot penggunaannya, namun menonaktifkan sebentar saat tidak perlu dan mengaktifkan kembali saat perlu.

2. Tidak perlu menaikkan kecerahan HP jika tak dibutuhkan

Banyak yang bilang bahwa layar kecerahan handphone orangtua itu lebih cerah daripada masa depan. Karena kebanyakan faktor usia membuat mata mereka tidak terlalu jelas mengawasi tulisan di ponsel jika kontrasnya terlalu minim.

Namun sebenarnya hal ini kurang baik bagi kesehatan handphone. Alasannya kontras yang terlalu berlebihan akan membuat mesinnya panas sehingga kinerjanya menurun. Oleh karenanya dalam mengantisipasi agar handphone tidak mudah panas usahakan untuk menormalkan kontrasnya.

Jadi tidak terlalu redup atau cerah supaya ponsel tetap aman dan mata pun tidak terlalu lelah saat mengawasinya setiap hari. Hanya di beberapa kondisi saja kamu diperbolehkan untuk memaksimalkan kontras ini yakni ketika berada di luar ruangan.

3. Hindari sentuhan langsung panas dari ponsel

Tak jarang bagi para pemilik ponsel yang lalai menempatakannya di sekitar sinar matahari. Jika cahaya tersebiut bersentuhan langsung dengan handphone maka tidak menutup kemungkinan jika cepat panas akan terjadi. Bila keseringan bisa juga merusak komponen ponsel lainnya.

Lantas untuk itu kamu harus hati-hati dan mengusahakan semaksimal mungkin untuk menaruh ponsel di tempat yang teduh. Jangan sampai membiarkannya lama-lama terkena sinar matahari jika tak ingin smartphone panas dalamnya.

4. Matikan smartphone setelah selesai dipakai

Mengantisipasi agar handphone tidak mudah panas yang selanjutnya adalah mematikan smartphone setelah selesai digunakan. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni off total ataupun mengaktifkan namun pasang mode pesawat. 

Dua opsi ini akan membantu kamu dalam menghemat baterai pada ponsel dan mencegaahnya mengalami pemanasan yang berlebihan. Hal ini dikarenkan ketika mati maka secara otomatis semua sistem dan kinerja pada handphone juga akan ikut mati pula.

5. Cabut charge saat ingin memakai HP

Alasan membalas chat dari doi, ada kelas kuliah atau sekolah, seru menonton drakor kamu jadi mengesampingkan penggunaan ponsel sambil ngecas. Hal ini malahan tidak akan membuat handphone kamu awet malah cepat panas karena dalam dua waktu yang sama diopersikan dan dialiri listrik.

Dalam mencegahnya alangkah baiknya jika kamu mencabut charge saat mau menggunakannya. Itu akan jauh lebih baik karena tidak akan mempengaruhi mesin ponsel untuk bekerja lebih maksimal sehingga memicu pemanasan yang berlebihan.

Bagi semua pemilik perangkat seharusnya mengerti mengantisipasi agar handphone tidak mudah panas. Hal ini juga menjadi langkah utama agar kamu tidak gampang kehilangan kinerja handphone karena kerusakan dari dalam akibat panas. Jadi berhati-hatilah saat menggunakannya.

Posting Komentar untuk "Tips Mengantisipasi Agar Handphone Tidak Mudah Panas"