Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Bisnis Digital di Indonesia yang Hangat-Hangatnya

Adanya berbagai jenis bisnis digital di Indonesia merupakan imbas dari berbagai brainstorming yang dilakukan oleh berbagai pihak, khususnya para digital marketer. Perlu pembaca ketahui, bisnis digital bukan hanya tentang produk/layanan dan distribusi saja, melainkan juga mencakup berbagai aspek lainnya.

Itulah mengapa penting sekali mengetahui jenis-jenis bisnis digital, agar Anda paham seutuhnya apa itu bisnis digital.

1.    Open Source

Jenis bisnis digital yang pertama yaitu open source. Sesuai namanya, bisnis open source ini melingkupi pembuatan basis kode atau software yang terbuka untuk siapapun. Semua orang bisa melihat, menggunakan, bahkan mengkostumisasinya.

Dari sisi produk, bisnis open source ini termasuk dalam kategori unprofitable karena dijual secara gratis. Lalu bagaimana cara mendapatkan uangnya? Caranya yaitu lewat subscription, penjualan plugin, penjualan kode kostum, lesson, dan lainnya.

2.    Free Model

Anda pasti sudah tahu YouTube, Facebook, dan Twitter bukan? Nah pada awal kemunculannya, beberapa platform sharing tersebut bisa diunduh dan digunakan tanpa biaya sama sekali.mLalu darimana mereka bisa mendapatkan profit?

Nah perusahaan memang awalnya tidak mendapatkan profit apapun. Namun setelah memiliki basis pengguna yang banyak, maka monetize bisa dilakukan lewat iklan,  fitur premium, dan lainnya.

3.    Freemium

Model bisnis freemium ini sebenarnya lebih berkaitan erat dengan strategi branding. Konsepnya simpel yaitu produk/layanan gratis bisa diakses tanpa biaya sama sekali, namun dengan berbagai keterbatasan. Di sisi lain, produk/layanan ekslusif bisa diakses dengan cara melakukan pembelian alias berbayar.

4.    Subscription

Anda sering nonton film lewat Netflix? Nah Netflix ini salah satu contoh dari jenis bisnis digital yang mengandalkan subscription. User mesti membayar paket subscription agar bisa mengakses layanan didalamnya. Perusahaan seperti Netflix sangat diuntungkan dengan model bisnis digital seperti ini.

5.    E-commerce

Hari ini siapa sih yang tak kenal e-commerce? E-commerce ini merupakan model bisnis yang menggunakan platform digital untuk proses jual-beli. Perusahaan pertama di dunia yang terbukti berhasil menjalankan bisnis e-commerce ini yaitu Amazon.

Selain beberapa jenis bisnis digital di atas, masih banyak lagi jenis bisnis yang bisa dikembangkan dengan teknologi digital. Bahkan jika Anda memiliki inovasi tertentu, Anda bisa membuat model bisnis digital sendiri, berbeda dengan yang sudah ada.

 

Posting Komentar untuk "Jenis Bisnis Digital di Indonesia yang Hangat-Hangatnya"