Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sekelumit Tantangan Pendidikan Era Digital yang Wajib Anda Ketahui!

Tantangan Pendidikan Eradigital Memasuki era digitalisasi dan revolusi industri 4.0, banyak bidang yang mengalami perubahan masif. Agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, tentunya harus melakukan perubahan. Perubahan ini bukan cuma dilakukan di bidang teknologi saja, tapi juga di sektor pendidikan.

Namun, apa saja tantangan pendidikan eradigital itu? Kalau Anda penasaran dan ingin mencari tahu jawabannya, mari simak ulasannya berikut ini.

Tantangan Metode Pembelajaran e-learning

Dalam setiap metode pembelajaran yang digunakan pasti selalu punya tantangan tersendiri, termasuk tantanganpendidikan era digital. Salah satu metode yang paling sering dipakai untuk pembelajaran di era digital adalah metode pembelajaran e-learning.

Jika Anda ingin mencoba metode pembelajaran ini, sebaiknya perhatikan beberapa tantangan yang mesti Anda hadapi berikut ini:

  1. Sistem Penilaian Masih Objektif

Pembelajaran e-learning masih terhambat oleh tantangan sistem penilaian yang objektif. Dalam penerapannya, sulit sekali bagi guru memberikan penilaian yang subjektif karena penilaian didasarkan pada hasilnya saja, bukan prosesnya juga.

Penilaian semacam ini tentunya tidak seimbang bagi peserta didik. Sebab, pembelajaran yang baik bukan hanya dinilai berdasarkan hasilnya saja, tapi juga prosesnya. Sayangnya, jika Anda menggunakan metode pembelajaran e-learning, Anda tidak bisa menilai proses belajar siswa akibat keterbatasan fasilitas belajar daring.

  1. Rawan Terjadi Kecurangan

Selain sistem penilaian yang objektif, tantangan lain yang mesti Anda hadapi saat menggunakan metode e-learning adalah rawan terhadap kecurangan. Ini adalah salah satu tantangan pendidikan era digital yang wajib diwaspadai.

Sebagai pengajar, sikap dan perilaku curang sangat dilarang. Namun, Anda tidak bisa mencegah kecurangan ini terjadi di kelas daring Anda karena minimnya sekuritas platform yang digunakan.

Beberapa kasus kecurangan yang terjadi misalnya seorang siswa menyontek saat ujian daring berlangsung. Anda tidak bisa memantau siswa Anda satu per satu ketika memakai sistem pembelajaran seperti ini karena dibatasi oleh ruang dan tempat.

Anda cuma bisa mengecek hasil ujian murid-murid Anda setelah dikumpulkan. Kecurangan seperti ini masih sering terjadi kelas daring dan belum ada solusi tepatnya.

Posting Komentar untuk "Inilah Sekelumit Tantangan Pendidikan Era Digital yang Wajib Anda Ketahui!"