Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kegiatan untuk Keluarga Meski #DiRumahAja

4 Kegiatan untuk Keluarga Meski #DiRumahAja-CaraDidik Sehari atau dua hari pertama, social distancing tentu terasa menyenangkan. Jam istirahat yang lebih banyak, membuat Anda bisa punya banyak waktu luang bersama keluarga. Namun, lama-kelamaan muncul rasa bosan dan sering kali ingin bepergian keluar. Tentu tindakan ini bisa membahayakan diri sendiri serta keluarga. Banyak hal fun yang bisa moms lakukan bersama keluarga. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga mengajarkan si kecil untuk bertanggung jawab dan mandiri.

1. Memasak

Jika biasanya memasak hanya moms lakukan sendiri, bagaimana jika sekarang mengajak si kecil dan suami untuk ikut serta.

Si kecil bisa membantu membersihkan sayuran dan menyiapkan bahan-bahan, sedangkan suami bertugas memotong sayuran dan menumis bahan masakan di atas wajan. Anda bisa mengawasi dan membantu setiap langkah yang dilakukan sembari mencicipi rasa makanan.

Selain memberikan pengalaman baru, kegiatan memasak bersama mengajarkan pada mereka untuk menghargai setiap makanan yang disantap. Anda pun enggak perlu pusing lagi kalau nantinya harus bepergian dalam waktu lama.

2. Belajar Bersama

Merebaknya virus Covid-19 membuat anak terpaksa harus belajar dari rumah. Walaupun sudah ada guru pembimbing yang menuntun secara daring, tak ada salahnya Anda dan suami membantu si kecil belajar di rumah.

Si kecil akan merasa lebih tenang dan percaya diri dalam menyelesaikan tugas. Ditambah lagi, kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Agar semakin fun buatlah aturan main dengan si kecil. Misalnya, setiap pertanyaan yang dijawab benar, sebanding dengan jumlah mainan yang boleh ia mainkan hari itu. Selain itu, peran komunikasi yang baik, seperti memposisikan diri sebagai teman si kecil juga jadi faktor penting agar kegiatan belajar bersama ini makin menyenangkan.

3. Bermain

Daripada sibuk dengan gawai masing-masing, membuat permainan yang bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga bisa jadi cara jitu untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan.

Banyak permainan yang bisa dilakukan lho moms. Semisal bermain monopoli, ludo, atau ular tangga yang tak pernah lekang zaman; menyusun puzzle atau bongkar pasang; hingga bermain scrabble dan jengah yang tak pernah gagal menciptakan gelak tawa dari seluruh anggota keluarga.

Tidak hanya itu, permainan di atas juga membantu mengasah kemampuan berpikir dan menambah daya imajinasi yang dimiliki si kecil.

4. Membersihkan Rumah

Menjaga kebersihan rumah jadi salah satu kunci agar moms dan keluarga selalu tetap sehat. Ibarat sekali sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, bagaimana jika memanfaatkan aktivitas ini sebagai ajang bermain bersama keluarga.

Demikian adalah 4 kegiatan anti bosan bersama keluarga, semoga bermanfaat.
Mutanassik
Mutanassik FB : facebook.com/mutanpro

Posting Komentar untuk "4 Kegiatan untuk Keluarga Meski #DiRumahAja"