Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Nama Emosi Manusia yang Jarang Diketahui

 

1. Sonder

Sonder adalah kesadaran bahwa setiap pejalan kaki atau orang yang ditemui secara acak menjalani kehidupan sama rumitnya seperti yang kita alami. Mereka memiliki ambisi, teman, rutinitas, kecemasan, dan kegilaan masing-masing.  

2. Opia 

Rasa ini adalah saat intensitas yang terjadi ketika menatap mata seseorang, di mana terasa sangat invasif sekaligus rentan secara bersamaan. Emosi ini seperti mengintip melalui lubang pintu sebuah rumah, tanpa mengetahui apakah Anda berada di dalam atau di luar. 

3. Monachopsis

Perasaan samar tetapi terus-menerus yang merasa berada di luar tempat atau lingkungan Anda berada. Emosi ini seperti kesulitan adaptasi di luar tempat yang dikenali.  

4. Liberosis

Keinginan untuk kurang peduli pada hal-hal lain di sekitar. Hal ini biasanya untuk mengurangi tekanan dalam kehidupan dan memilih untuk lebih santai.  
 

 
10 Nama Emosi Manusia yang Jarang Diketahui

5. Rubatosis

Kesadaran terjadinya perubahan detak jantung menjadi lebih cepat dan mengganggu, umumnya akibat kegelisahan. Emosi ini terjadi seperti ketika seseorang bernyanyi kompulsif saat berjalan melewati kegelapan (seperti menghibur diri sendiri) untuk mengingatkan bahwa dirinya masih hidup. 

6. Kenopsia

Suasana seram dan menyedihkan dari tempat yang biasanya ramai dengan orang-orang tetapi sekarang ditinggalkan dan sunyi. Seperti lorong sekolah di malam hari, kantor yang tidak terang pada akhir pekan dan taman yang kosong.
 

7. Chrysalism

Perasaan tenang seperti berada di dalam ruangan saat terjadi badai dan mendengarkan hujan deras di atap rumah. 

8. Anecdoche 

Percakapan di mana semua orang berbicara tetapi tidak ada yang mendengarkan. Masing-masing orang hanya berucap hingga kehabisan kata-kata.

9. Ellipsisme

Rasa kesedihan dirasakan seseorang karena tidak mungkin bisa mengerti bagaimana sejarah terjadinya sesuatu, cara menjalaninya atau bagaimana akhirnya.
 

10. Occhiolisme

Perasaan ini adalah kesadaran akan sempitnya perspektif yang dimiliki, sehingga tidak mungkin menarik kesimpulan yang berarti sama sekali. Misalnya cara pandang seseorang terhadap dunia atau masa lalu atau kompleksitas budaya. Adakah emosi di atas yang pernah Anda alami?

Posting Komentar untuk "10 Nama Emosi Manusia yang Jarang Diketahui"