Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Filosofi? Jenis-Jenis Filosofi Dan Fungsi Filosofi

Apakah anda pernah mendengar kata filosofi? Filosofi merupakan salah satu yang identik dengan pemikiran.

Pada umunnya, orang jarang menyukai hal-hal yang berbau tentang filosofi karena sangat serius, rumit, dan tua sekali. Namun tidak sedikit orang pula yang mempelajari tentang filosofi.

Lantas, apa itu filosofi? Yuk simak artikel berikut ini!

Pada artikel ini akan membahas tentang :

Apa Itu Filosofi?

Filosofi adalah sebuah pegetahuan dan penyelidikan yang dilakukan dengan menggunakan akal budi mengenai hakikan yang ada, sebab, asalnya, dan hukumnya.

Dalam filosofi, kita dapat memelajari segala hakikat dengan menggunakan logika, akal, dan rasa. Sepperti pemhbahasan tentang alam semesta. Kita dapat membahas asal alam semesta, atau mengapa alam semesta terbentuk.

Dala mempelajari sebauh folosofi, dibutuhkan sebuah logika yang baik, yakni kemampuan menalar dan berfikir secara luas dan tepat.

Dalam filosofi, kita juga akan mempelajari tentang estetika atau keindahan. Karena kita akan melihat sesuatu dari sisi baik dan buruknya, bagus dan jelek, dan bukan hanya melihat dalam satu sisi saja.

Beberapa pengertian filosofi menurut para ahli.

Maya Davis : filosofi adalah sebuah ungkapan seseorang mengenai sikap, nilai, dan kepercayaan yang menjadi ideologi sebuah kelompok.

Pearson & Vaugham : Filosofi adalah sebuah pendekatan berfikir tentang kenyataan yang meliputi tradisi, agama, existentialisme, dan fenomena yang berhubungan dengan masyarakat.

Dari beberapa penjelasan tentang filosofi diatas, dapat diartikan bahwa filosofi adalah sebuah bidang ilmu yang mencara suatu hakekat kebenaran mengenai suatu hal.

Jenis-Jenis Filosofi

Berikut adalah beberapa jenis filosifo.

Filosofi Pendidikan

Filosofi pendidikan adalah sebuah hasil perenungan dan aliran pemikiran mengenai dunia pendidikan. Contoh dari filosofi pendidikan adalah hidup dan belajar dengan melakukan segala sesuatu.

Filosofi Kebidanan

Filosofi kebidanan adalah sebuah kerangka yang menjadi dasar dan pedoman untuk berfikir, dan belakar bertindak untuk mengambil keputusan dalam melaksanakan praktek kebidanan.

Filosofi Bisnis

Filosofi bisnis adalah sebuah visi dan misi suatu bisnis yang menjadi dasar untuk meraihnya.

Filosofi Organisasi

Filosofi organisasi adalah sebuah patokan yang menjadi tolak ukur suatu organisasi dalam suatu perusahaan agar perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan benar.

Filosofi Musik

Filosofi musik adalah suatu studi tentang sebuah pertanyaan mendasar suatu musik.  Contoh dari filosofi musik adalah musik adalah persahabatan, musik adalah karya seni. Dan lain-lain.

Filosofi Sistem

Ilosofi sistem adalah suatu bentuk pemikiran yang dilakukan secara menyeluruh tentang segala hal yang menjadi satu kesatuan sebuah sistem.

Filosofi Administarsi Perkantoran

Filosofi administrasi perkantoran adalah sebuah kebijakan dan kegiatan yang sifatnya fundamental yang dapat dilakukan dengan benar dan menjadikan organisasi dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan.

Filosifi Manajemen

Filosofi manajemen adalah sebuah kepercayaan dan pengetahuan yang merupakan dasar untuk mencakup secara luas determinasi sebagai pemecahan masalah dalam bidang manajemen.

Fungsi Filosofi

Berfilosoi berfungsi untuk membuan seseorang mencapai kehidupan yang lebih baik. Dengan berfilosofi, anda akan berfikir secara kritis dalam segala hal.

Berfilosofi dalam bertindak dapat menjadikan orang dapat menilai segala hal dari beberapa sisi. Dengan demikian, orang yang berfilosofi dapat menjalani hidup lebih menarik dari orang lain yang menjalani hidup dengan datar.

****

Demikanlah artikel tentang apa itu filosofi? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Filosofi? Jenis-Jenis Filosofi Dan Fungsi Filosofi"