Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 6 Tools Untuk Membuat Wireframe yang Mudah Digunakan

 


Keberadaan website kini sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi perusahaan, pebisnis, maupun penjual. Oleh karena itu, tampilannya tak hanya harus menarik, tetapi juga memudahkan pengguna untuk mengelola. Tools untuk membuat wireframe menjadi jawaban yang tepat untuk tugas yang semakin mendesak.

Wireframe adalah sebuah kerangka atau coretan untuk tata letak item-item yang akan disematkan ke dalam halaman website. Contoh dari item tersebut, yaitu header, footer, banner, content, link, dan lain-lain. Lantas, adakah software yang mudah untuk melakukan wireframing?

Rekomendasi Tools untuk Membuat Wireframe yang Mudah

Seorang desain grafis yang sudah ahli pun pasti menggunakan coretan kasar untuk merancang wireframe. Hal ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi website bagi penggunanya. Jika dulu kerangka ini dituangkan di atas kertas, maka sekarang sudah ada tools untuk membuat wireframe, seperti:

1. Pencil Project

Pencil Project merupakan tool add-on di website Firefox yang dapat membantu pengguna untuk membuat diagram dan user interface. Meski terbilang sederhana, tool ini hadir dengan beragam variasi, seperti text editing, multiple page, rich text, custom background, dan lain-lain.

Uniknya, rancangan ini dapat diekspor ke HTML, PNG, format open office, dan lain-lain. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna untuk mengeksplor imajinasi demi mewujudkan sebuah website yang fungsional.

2. Mockingbird

Mockingbird adalah tools untuk membuat wireframe yang memungkinkan penggunanya untuk membuat prototype. Menariknya, tool ini juga menyediakan fitur untuk melakukan preview, menyisipkan link, serta membagikan hasil kerja. Cara penggunaan tool yang satu ini terbilang sangat mudah, bahkan oleh orang yang awam sekali pun.

Untuk menghasilkan mockup yang rapi, pengguna dapat memanfaatkan dukungan drag and drop, page linking, snap grid, dan lain-lain. Kemudahan dan kelengkapan inilah yang membuat mockingbird semakin populer saat ini.

3. Cacoo

Cacoo merupakan situs layanan asal Jepang yang dapat digunakan untuk membuat grafik dan diagram secara online. Software ini sangat cocok untuk pemula, karena pengaplikasiaannya sangat mudah dan ada versi gratisnya. Sementara pada versi berbayar, pengguna hanya perlu mengeluarkan budget sebesar 50-500 ribu rupiah per bulan.

Dengan tool ini, pengguna dapat membuat berbagai jenis diagram, seperti UML, Flowchart, ER Diagram, Mindmap, dan lain-lain. Jika sudah selesai bekerja, pengguna dapat menyimpan diagram tersebut pada akun pribadi. Selain itu, diagram juga dapat diekspor menjadi file presentasi PowerPoint, gambar PNG, gambar vektor SVG, PDF, maupun PostScript.

4. Mockflow

Tools untuk membuat wireframe yang berikutnya adalah Mockflow. Software ini memberikan kesempatan pengguna untuk mengerjakan sejumlah proyek atau tugas dengan ciri khas. Di dalam tool ini ada fitur bernama WireframePro yang berfungsi sebagai alternatif alat prototyping yang cukup baik. Selain rapi dan menarik, Mockflow dapat membangun layout dengan sangat cepat.

5. Adobe Comp

Adobe Comp pilihan tepat untuk pengguna yang senang bereksplorasi menggunakan perangkat berlayar besar, seperti tablet. Sebab, tool yang satu ini menawarkan fitur yang sangat lengkap untuk membangun wireframe yang optimal. Hasil yang diberikan benar-benar luar biasa, seperti karya seorang ahli desain. Wajar, jika Adobe Comp mematok harga untuk penginstalan software.

6. Balsamiq

Dituntut tugas yang harus segera dituntaskan? Cobalah menggunakan software Balsamiq untuk mengembangkan tata letak dan struktur proyek dengan super cepat. Adanya fitur drag and drop memungkinkan pengguna untuk membuat alur kerja semakin mudah, sekaligus menautkannya ke halaman lain.

Demikian 6 tools untuk membuat wireframe yang paling direkomendasikan. Jika masih awam, pilihlah sotfware gratis yang dapat diakses secara online. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk menghasilkan aplikasi atau website sesuai kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi 6 Tools Untuk Membuat Wireframe yang Mudah Digunakan"