Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Strategi Bisnis Digital di Indonesia yang Terbukti Ampuh

Sebagai seorang entrepreneur, Anda tentu ingin tahu apa saja strategi bisnis digital di Indonesia. Dari kacamata bisnis, Indonesia memang bisa dibilang sebagai market yang sangat potensial untuk tumbuh kembangnya bisnis digital. Bahkan Presiden Joko Widodo menyarankan agar setiap pebinis agar go digital di era digital ini.

Dengan jumlah pengguna internet mencapai ratusan juta, Indonesia memang merupakan ‘kolam bisnis digital’ yang sangat besar. Namun pertanyaannya, bagaimana agar bisnis digital bisa menghasilkan profit? Nah tentu Anda butuh strategi bisnis digital yang terbukti ampuh, berikut beberapa diantaranya!

1.    Buat Model Bisnis Digital yang Profitable

Untuk memulai bisnis digital, tentu Anda mesti menentukan terlebih dahulu model bisnisnya. Apakah Anda ingin menjalankan bisnis e-commerce, advertising, atau yang lainnya? Nah apapun model bisnisnya, Anda mesti berpatokan pada beberapa hal berikut ini:

  • Jangan sampai fokus Anda hanya untuk mengalahkan kompetitor, tapi buatlah bisnis yang benar-benar dibutuhkan orang banyak.
  • Lebih baik menjalankan bisnis digital yang jarang orang pikirkan, namun masih memiliki potensi dibutuhkan banyak orang.
  • Produk dan layanan yang berkualitas itu pasti mendatangkan profit, bahkan tanpa marketing yang terlalu jor-joran.
  • Jika budget bisnis digital Anda belum terlalu banyak, maka sebaiknya buat bisnis yang lebih spesifik dengan target market yang juga lebih spesifik.

2.    Social Media Marketing

Pada dasarnya di era digital ini, bisnis apapun pasti membutuhkan media sosial. Mengapa? Karena media sosial merupakan market yang sangat besar! Sudah banyak brand yang berhasil mencapai puncak kejayaan dengan mengandalkan social media marketing.

Namun social media marketing bukan hanya tentang upload konten rutin atau promosi terus-terusan dengan ads. Bukan hanya itu, catat ya! Social media marketing melingkupi banyak hal seperti analisa, branding, copywriting, engagement, dan lainnya.

3.    YouTube Marketing

Strategi bisnisdigital di Indonesia juga meliputi YouTube marketing yang merupakan platform video-sharing terbesar di dunia. Selain itu, YouTube juga merupakan mesin pencari terbesar nomor tiga di dunia. Jadi kalau orang mau mencari sesuatu, maka biasanya akan mencari lewat YouTube.

Kunci dari keberhasilan menjalankan strategi bisnis digital di Indonesia pada dasarnya mesti berpatokan pada mindset konsumen. Anda bisa saja membuat model bisnis digital dengan modal trilyunan rupiah. Namun jika konsep bisnis Anda tidak diminati oleh konsumen, lalu Anda bisa apa?

 

 

Posting Komentar untuk "3 Strategi Bisnis Digital di Indonesia yang Terbukti Ampuh"