Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Pentingkah Pendidikan Karakter di Sekolah?

 


Pendidikan Karakter di Sekolah - Akhir-akhir ini kenakalan remaja semakin merebak dan banyak terjadi di sekitar Anda. Mulai dari perundungan, tawuran, membolos, merokok, minum-minuman keras, sampai melakukan seks bebas banyak dilakukan oleh anak-anak dan remaja yang masih sekolah.

Lantas, mengapa perilaku seperti itu bisa terjadi? Salah satu penyebabnya tak lain adalah karena kurangnya pendidikankarakter di sekolah. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya pendidikan karakter buat anak-anak, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1.    Pentingnya Pendidikan Karakter Buat Anak-anak dan Remaja

Salah satu tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar adalah untuk mencerdaskan kehidupan berbagsa dan bernegara. Bukan cuma cerdas, anak-anak dan remaja juga harus memiliki karakter yang baik dan bermoral. Untuk mengupayakan hal ini, harus diselenggarakan pendidikankarakter di sekolah.

Penanaman karakter positif sejak masih anak-anak akan berdampak ketika dewasa. Namun, hal ini tak hanya wajib dilakukan di sekolah. Pendidikan karakter juga perlu dilakukan oleh para orang tua di rumah.

Maka dari itu, guru dan orang tua harus bekerja sama untuk membentuk karakter yang baik pada diri anak-anak. Dengan begitu, perilaku kenakalan remaja dan karakter buruk pada diri anak-anak bisa diminimalisir.

2.    Cara Mendidik Karakter Anak-anak dan Remaja

Bagaimana cara mendidik anak-anak dan remaja agar memiliki karakter yang baik? Pendidikan karakter di sekolah memang penting untuk membentuk karakter anak. Namun yang lebih penting hal ini juga harus dilakukan di rumah. Caranya adalah dengan memberi teladan dan menjadi contoh baik buat anak-anak.

Menjadi role model buat anak-anak adalah salah satu cara yang paling ampuh dilakukan oleh orang tua dan guru. Pernah dengar istilah "Anak-anak adalah peniru yang ulung 'kan?" Apapun yang dilakukan orang tua atau orang dewasa akan ditiru oleh anak-anak.

Oleh sebab itu, berikan contoh dan teladan yang baik buat anak-anak Anda. Perhatikan perilaku, tutur kata, hingga nilai-nilai moral yang Anda anut agar mencerminkan karakter yang baik buat anak-anak Anda.

Posting Komentar untuk "Seberapa Pentingkah Pendidikan Karakter di Sekolah?"