Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Perbedaan Antara Pendidikan Formal dan Non Formal

Pendidikan Formal dan NonFormal - Tahun ajaran baru telah tiba. Banyak orang tua yang berbondong-bondong memasukkan anak-anak mereka ke sekolah bagus dengan reputasi yang baik. Akan tetapi, yang terbaik buat Anda belum tentu yang terbaik buat anak-anak Anda.

Oleh sebab itu, wajib hukumnya bagi para orang tua seperti Anda mengenal dan mengetahui perbedaan pendidikan formal dan non formal. Tujuannya tak lain adalah untuk memberikan pendidikan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak Anda. Jika Anda tertarik dengan pembahasan ini, mari simak penjelasan lengkapnya seperti di bawah.

1.    Definisi Pendidikan

Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989, menjelaskan bahwa pendidikan sebagai suatu upaya yang dilaksanakan dalam bentuk latihan, pengajaran, dan bimbingan kepada peserta didik.

Pendidikan bisa pula diartikan sebagai tempat untuk mengasah potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berwawasan, bermoral, dan berakhlak. Oleh sebab itu, pendidikan harus diberikan mulai dari dini agar karakter dan potensi anak bisa terbentuk.

Dari definisi tersebut, pendidikan tidak mewajibkan peserta didik untuk menempuh pendidikan di tempat tertentu. Anda boleh memasukkan anak-anak Anda ke beberapa lembaga pendidikan yang berbeda. Anak-anak tidak diharuskan menempuh pendidikan formal di sekolah, tapi bisa juga di tempat atau lembaga lain yang setara dengan sekolah formal.

  1. Jenis-jenis Pendidikan

Setelah Anda memahami definisi dari pendidikan, maka sekarang saatnya Anda memahami jenis-jenis pendidikan yang ada di Indonesia. Bila dilihat secara umum, pendidikan ini dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu pendidikan formal, informal, dan non formal. Khusus pembahasan kali ini akan difokuskan pada pendidikan formal dan non formal.

Pendidikan formal adalah pendidikan yang diselenggarakan secara umum seperti di sekolah. Anak-anak diwajibkan untuk datang ke sekolah, mematuhi tata tertib sekolah, dan belajar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Berbeda halnya dengan pendidikan non formal yang bisa diberikan lewat lembaga-lembaga lain seperti keluarga, bimbingan belajar, atau kursus. Pendidikan non formal lebih fleksibel ketimbang pendidikan formal. Jadi, sudahkah Anda menentukan pendidikan yang terbaik buat anak Anda?

Posting Komentar untuk "Tak Banyak yang Tahu, Inilah Perbedaan Antara Pendidikan Formal dan Non Formal"